Rahasia Menjadi Kiper Tangguh dari Muhammad Ridho

Penjaga gawang Bali United, Muhammad Ridho Djazulie. (Foto: Humas Bali United)
Penjaga gawang Bali United, Muhammad Ridho Djazulie. (Foto: Humas Bali United)

Gemabali.ID (Gianyar) - Kiper anyar Bali United, Muhammad Ridho Djazulie menyapa semeton lewat program “Tanya Tanya Yuk” yang tayang di kanal YouTube Official Bali United. Dipandu oleh duo sportscaster Bali United FM, Riko Wirawan dan Yogi Maulana, kiper asli Pekalongan ini menjawab sejumlah pertanyaan ringan seputar kehidupan serta pengalamannya di dunia kulit bulat.

Tidak hanya sekadar menjawab pertanyaan, kiper yang mengidolakan Gianluigi Buffon dan Peter Schmeichel ini turut membagikan tips menjadi penjaga gawang yang tangguh. Selain harus berlatih keras, pemilik catatan lima kali nirbobol selama Liga 1 2021/2022 membeberkan bahwa ada faktor lain yang tidak kalah penting untuk menjadi seorang penjaga gawang yang tangguh.

“Yang pasti harus ada keinginan dari hati. Jika tidak ada keinginan dari hati dan dipaksakan oleh orang lain, pasti tidak akan bisa. Selain itu, kita juga harus punya sosok yang diidolai dulu sebagai panutan,” ujar Ridho.

Ia juga menekankan pentingnya mempunyai mental berani dalam diri seorang kiper. Menurutnya, dengan keberanian seorang kiper mampu menghadapi segala risiko dan situasi sulit sebagai penjaga gawang.

“Pastinya sebagai penjaga gawang memiliki risiko, salah satunya adalah benturan. Maka dari itu mental kiper itu berbeda dari pemain lain. Mental kiper harus 2000 persen lebih untuk menghadapi berbagai tekanan dari supporter, lawan, teman sendiri, dan tekanan untuk beradu saat kondisi fifty-fifty. Kiper itu harus punya mental berani,” pungkasnya. (Wij/Rls)