KMHDI Mengajar Palopo Libatkan 200 Peserta

PC KMHDI Palopo menggelar KMHDI Mengajar lV, di Balai Pertemuan Desa Pepuro Barat, Luwu Timur, Sabtu (30/7/2022).
PC KMHDI Palopo menggelar KMHDI Mengajar lV, di Balai Pertemuan Desa Pepuro Barat, Luwu Timur, Sabtu (30/7/2022).

GemaBali.id (Palopo) - Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Palopo menggelar KMHDI Mengajar lV, di Balai Pertemuan Desa Pepuro Barat, Luwu Timur, Sabtu (30/7/2022).

 

Dengan tema Pendidikan Sebagai Alat Perjuangan dan Alat Pembebasan, KMHDI Mengajar ini melibatkan tiga desa di Luwu Timur yaitu, Desa Pepuro Barat, Desa Bone Pute, dan Desa Benteng.

Sementara itu, kegiatan ini juga melibatkan 200 orang sebagai peserta yang terdiri dari siswa tingkat SD, SMP, dan SMA.

Ketua PC KMHDI Palopo, Komang Jordi Segara mengatakan KMHDI Mengajar merupakan salah satu metode pendistribusian pendidikan kepada siswa-siswi yang masih minim pendidikan agama Hindu.

“Harapan terbesar bangsa dan negara berpundak pada generasi muda Hindu yang nantinya mampu merubah wajah pendidikan yang lebih ideal,” tegas Komang Jordi Segara.

Selain itu, KMHDI Mengajar juga menurutnya sebagai bentuk kepedulian terhadap proses pendidikan dan pemahaman agama generasi muda Hindu.

“Harapannya, KMHDI Mengajar IV ini mampu berkontribusi secara penuh kepada masyarakat dan peserta mampu secara mandiri mengaplikasikan pengetahuan yang di dapat dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Dilain sisi, Ketua PD KMHDI Sulawesi Selatan, Ganggadatta Saat membuka acara menyebut pentingnya dukungan pemerintah dalam memfasilitasi sarana prasarana pendidikan.

Terutama menurut Ganggadata adalah terkait peningkatan jumlah tenaga pendidik Hindu yang dinilai masih minim dalam menunjang pendidikan agama para siswa.   

"Kami dari KMHDI lebih menyoroti masalah kurangnya tenaga pendidik dan juga fasilitas yang kemudian menjadi hak bagi siswa-siswa dalam menempuh pendidikannya, ini salah satu hal yang penting dalam membentuk karakter di era perkembangan zaman generasi 4.0," tutupnya.

Turut hadir dalam pembukaan, Pemerintah Desa, PHDI, Pasraman, Peradah, Kepala Sekolah, dan tamu undangan.

Baca Juga: