Jambore Nasional, Kwarda Bali Berangkat ke Jakarta

Acara pelepasan kontingen Kwarda Bali yang akan mengikuti Jambore Nasional di Jakarta.
Acara pelepasan kontingen Kwarda Bali yang akan mengikuti Jambore Nasional di Jakarta.

GemaBali.id (Denpasar) - Kontingen Kwarda Bali yang akan mengikuti Jambore Nasional ke 11, di Bumi Perkemahan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur dilepas Wakil Gubernur Bali yang juga Ketua Harian Majelis Pembimbing Kwarda Bali, Tjok Oka Artha Ardana Sukawati. Acara pelepasan dilaksanakan di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Minggu (7/8).

Cok Ace, panggilan akrab Tjok Oka Artha Ardana Sukawati, berpesan agar selalu menjaga nama baik Bali, selalu aktif dalam kegiatan yang akan dilaksanakan di Cibubur, dan tetap menjaga kesehatan serta mematuhi protokol kesehatan.

“Karena tanpa kondisi yang sehat tidak mungkin bisa mengikuti kegiatan dan keikutsertaan akan manjadi sia-sia. Dapatkan pengalaman dan ilmu sebanyak -banyaknya agar dapat ditularkan kepada rekan-rekan di sekolah, kwarcab atau Gugus Depan,” katanya.

Cok Ace juga menitip pesan kepada Ketua Kontingen dan Pembina Pendamping agar selalu membimbing dan mengarahkan adik-adik peserta agar tujuan dari Jamnas ini dapat dicapai dengan optimal.

“[sebagai] duta Bali agar setiap orang wajib mendedikasikan diri untuk membawa misi kemanusiaan, persaudaraan, dan perdamaian,” ujar Cok Ace.

Ia juga berpesan agar selalu menjaga sikap dan perilaku, menanamkan nilai-nilai budi pekerti, mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan senantiasa membangun komunikasi yang baik.

“Dengan semua kontingen dari daerah lain serta yang paling utama adalah menjaga kekompakan di antara seluruh kontingen,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Kwarda Bali, Made Rentin melaporkanm, dalam Jamnas XI ini, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali mengirimkan Kontingen dengan jumlah 150 orang terdiri dari pramuka penggalang putra sebanyak 64 orang, pramuka penggalang putri sebanyak 64 orang, pembina pendamping putra sebanyak 8 orang, pembina pendamping putri sebanyak 8 orang. Pimpinan kontingen daerah sebanyak 5 orang, dan dokter kontingen sebanyak 1 orang.

“Pramuka Penggalang dan Pembina Pendamping ini merupakan utusan dari 8 Kwartir Cabang se-Bali yaitu  Jembrana, Tabanan, Badung, Gianyar, Bangli, Karangasem, Buleleng dan Denpasar,” sebut Rentin.

Tambah dia, kontingen Kwarda Bali ini akan berangkat melalui jalur darat pada 11 Agustus 2022.

“Pendanaan dilakukan sepenuhnya oleh Kwartir Cabang masing-masing. Kwarda Bali hanya mampu menyediakan baju kaos dan jaket kontingen yang berasal dari bantuan Bank BPD Bali,” jelas Rentin. (Wij/Rls)