KMHDI Lampung Sukses Gelar Talkshow dan Pelatihan Konten Kreator

Pembukaan talkshow radikalisme dan anti narkoba serta pelatihan video konten kreator KMHDI Lampung. (ist)
Pembukaan talkshow radikalisme dan anti narkoba serta pelatihan video konten kreator KMHDI Lampung. (ist)

GemaBali.id (Lampung) - Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PD KMHDI) Lampung sukses menggelar talkshow radikalisme dan anti narkoba serta pelatihan video konten kreator di Aula Arafah, Asrama Haji, Bandar Lampung, Minggu (4/9/2022). 

Ketua PD KMHDI Lampung, Ketut Agus Setiawan menyebut talkshow dengan tema ‘Perangi Radikalisme, Jauhi Narkoba, Hidup Bangga Penuh Karya’ merupakan upaya memberikan pengengetahuan bagi kader agar mampu membentengi diri. 

“Wujud kepedulian pengurus untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas kader KMHDI Se-provinsi Lampung yang bebas dari gerakan atau faham radikal dan tentunya terbebas dari narkoba,” kata Agus dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Selasa (6/9/2022).

Untuk itu, Agus meminta para kader memanfaatkan acara ini untuk belajar dan membekali diri agar tidak terjerumus pada perilaku yang negative dalam menghadapi era distrupsi saat ini.

Terutama menurutnya, terkait pelatihanan konten creator. Kader bisa memanfaatkannya sebagai modal untuk bisa melatih kreativitas dan ide-ide mahasiswa Hindu yang dituangkan dalam karya.

“Manfaatkan kegiatan ini sebagai modal kematangan mental dan tentunya meninggkatkan kreativitas mahasiswa,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Bimas Hindu Provinsi Lampung, Gede Riasa yang berkesempatan membuka acara itu menjelaskan, kemajuan teknologi harus mampu ditangkap dan dimanfaatkan oleh pemuda Hindu dalam hal yang positif. 

“Teknologi harus diaplikasikan dengan baik kedalam bentuk karya bukan justru menjerumuskan generasi kejalan yang salah dan bertentangan dengan ajaran agama Hindu,” jelasnya.

Sebelum talkshow, Anggota DPRD Provinsi Lampung, Budhi Condrowati juga memberikan pemantik diskusi terkait peran lembaga legislatif dalam memberantas faham radikalisme dan penyebaran narkoba yang mengancam generasi muda khususnya di Lampung.

Setelah itu, talkshow diisi oleh narasumber antara lain; Ketua DPP Peradah Lampung, I Made Suteja; Ketua DPD KNPI Provinsi Lampung, Iqbal Ardiansyah; Penyuluh Narkoba Ahli Muda BNN Provinsi Lampung, Fatha Z'af Al'ali.

Sedangkan untuk pelatihan video konten kreator diisi oleh Conten Creator Hindu Channel, Zatmiko Alvian dan I Putu Angga Ruska P selaku Creative Designer Gojek Lampung.

Turut hadir dalam acara, PHDI Lampung, WHDI Lampung, Forum Alumni KMHDI Lampung, dan organisasi eksternal mahasiswa lainnya.