Warga Denpasar Diajak Biasakan Jalan Kaki

Jalan sehat di Renon, Denpasar peringati hari jalan kaki sedunia, Minggu (2/10).
Jalan sehat di Renon, Denpasar peringati hari jalan kaki sedunia, Minggu (2/10).

GemaBali.id (Denpasar) – Peringatan World Walking Day atau Hari Jalan Kaki Sedunia 2022 di Denpasar, Bali, dilakukan dengan jalan sehat di area Car Free Day, Renon, Denpasar pada Minggu (2/10).

“Tentu peringatan ini sangat baik dilaksanakan, mengingat saat ini masyarakat sangat minim berjalan kaki. Dengan peringatan Hari Jalan Kaki Sedunia atau yang disebut World Walking Day 2022 kedepannya masyarakat semakin tertarik untuk berjalan kaki,” kata Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara saat membuka kegiatan jalan sehat tersebut.

Ia pun mengajak warga Kota Denpasar untuk membiasakan melakukan aktivitas dengan jalan kaki, karena disamping dapat memberikan kesehatan juga dapat mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.

Sementara itu Kadis Dikpora Kota Denpasar, A.A. Gede Wiratama menyebut, World Walking Day yang jatuh pada tanggal 2 September 2022 digelar secara serentak diseluruh pemerintah kota yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Indonesia bahkan dunia.

“Peserta yang ikut dalam pelaksanaan World Walking Day 2022 di Denpasar 8000 orang. Meliputi siswa SMP dan SMA/SMK, pimpinan OPD serta masyarakat Kota Denpasar,” jelas Wiratama.

Rute yang dilewati dimulai dari Jalan. Ir. H. Juanda (depan kantor BPBD Kota Denpasar), Jalan Raya Puputan, Jalan  Tantular, Jalan Cok Agung Tresna, lalu kembali ke Jalan Ir. H. Juanda.

“Mengingat jalan kaki ini sangat penting untuk meningkatkan kesehatan tubuh, kami berharap dengan adanya peringatan World Walking Day 2022 dapat meningkatkan minat masyarakat untuk berjalan kaki,” ujar Wiratama.

Hadir pada jalan sehat tersebut istri Wali Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Kapolresta Denpasar Kombes PolBambang Yugo Pamungkas, Dandim 1611/Badung Kolonel Inf. Dody Trio Hadi, Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana serta instansi terkait lainnya. (Wij/Rls)