Pemkot Denpasar: Dukung Digitalisasi Sistem Pembelajaran Bahasa Bali

Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana
Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana

GemaBali (Denpasar) - Pemerintah Kota Denpasar, Bali, mendukung berbagai upaya yang dilakukan Yayasan BASAbali Wiki guna melestarikan dan membantu digitalisasi sistem pembelajaran bahasa Bali.

"Terlebih program ini sangat sejalan dengan visi misi Kota Denpasar yakni kota kreatif berbasis budaya," kata Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana saat menerima audiensi Yayasan BASAbali Wiki di Denpasar, Selasa.

Menurut Alit Wiradana, dengan adanya program dari Yayasan BASAbali Wiki sangat membantu dalam menggencarkan pembelajaran bahasa Bali yang baik dan benar kepada generasi muda.

"Dengan adanya program dari BASAbali Wiki ini dapat meningkatkan minat para generasi muda untuk belajar Bahasa Bali," ujarnya didampingi Kadis Kebudayaan Kota Denpasar Raka Purwantara

Terlebih, ucap Wiradana, saat ini sudah terdapat website dan kanal YouTube yang dimiliki oleh Yayasan BASAbali Wiki jadi proses belajar bisa dilaksanakan dimana dan kapan saja.

Sementara itu. Managing Director BASAbali Wiki Putu Eka Gunayasa memperkenalkan beberapa program yang dirilis oleh BASAbali Wiki.

Program-program tersebut terkait tata cara pembelajaran bahasa Bali seperti kamus digital Bahasa Bali, web untuk pembelajaran bahasa Bali serta kanal YouTube yang di dalamnya berisi berbagai cara belajar menulis serta berbahasa Bali yang yang baik dan benar.

Dalam menjalankan program ini, pihaknya melibatkan seluruh komponen masyarakat serta berbagai pemangku kepentingan seperti pemerintahan, termasuk juga Pemkot Denpasar yang memiliki keberpihakan yang sangat tinggi kepada pelestarian dan penguatan budaya Bali.

"Kami berharap dengan adanya pembelajaran Bahasa Bali melalui akses digital seperti melalui website, dan kanal YouTube ini dapat menarik semakin banyak peminat baik para pelajar maupun masyarakat lainnya," ujar Eka Gunayasa.(ra)