Gianyar Berupaya Tingkatkan Minat Baca Siswa dengan Menyelenggarakan Lomba

Para pelajar mengikuti lomba gemar membaca di Perpustakaan Daerah Nawaksara, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali
Para pelajar mengikuti lomba gemar membaca di Perpustakaan Daerah Nawaksara, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali

GemaBali (Gianyar) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gianyar di Provinsi Bali berupaya meningkatkan minat membaca siswa dengan menyelenggarakan lomba gemar membaca.

Lomba gemar membaca bagi pelajar diselenggarakan di Perpustakaan Daerah Nawaksara pada 28 Maret 2023 sebagai bagian dari rangkaian acara perayaan ulang tahun Gianyar yang ke-252. 

"Jadi, lomba ini tujuannya untuk meningkatkan minat baca dari pada pelajar atau siswa/siswi pada khususnya dan masyarakat pada umumnya," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gianyar Ida Ayu Putu Eka Susanti sebagaimana dikutip dalam siaran pers Dinas Komunikasi dan Informatika di Gianyar, Rabu.

Dalam lomba gemar membaca di Perpustakaan Daerah Nawaksara, peserta diminta merangkum sebuah buku dalam bentuk tulisan di kertas dobel folio dalam waktu 90 menit.

"Para peserta dibebaskan memilih buku tentang cerita anak-anak yang ada di Perpustakaan Nawaksara," kata Eka Susanti.

Sekitar 70 pelajar perwakilan dari kecamatan-kecamatan di Gianyar beradu kemampuan memahami dan merangkum isi buku serta menuangkannya dalam bentuk tulisan dalam lomba tersebut.

"Peserta lomba kami batasi, dimana setiap kecamatan hanya boleh mengirim 10 orang siswa atau siswi untuk berlomba, dan selebihnya akan kita jadwalkan lagi untuk lomba berikutnya," kata Eka Susanti.

Dia mengemukakan bahwa lomba tersebut ditujukan untuk membiasakan siswa agar lebih banyak membaca buku.

"Era sekarang kan kebanyakan anak-anak lebih sering bermain gadget (gawai), jadi ini merupakan program kita untuk mengupayakan agar anak-anak terbiasa untuk membaca buku dan mampu memahami isi buku," katanya.(ra)