Bupati Bangli Ungkap Pertumbuhan Laba BPR Bangli Mencapai 5,87 Persen

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta memberikan sambutan pada acara undian tali asih yang digelar PT BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda). (foto: gemabali/ antara)
Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta memberikan sambutan pada acara undian tali asih yang digelar PT BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda). (foto: gemabali/ antara)

GemaBali (Bangli)Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengungkapkan pertumbuhan laba Bank Daerah Bangli, Bali pada tahun 2022 tumbuh 5,87 persen dan setoran ke kas daerah berupa pendapatan asli daerah (PAD) telah menunjukkan peningkatan yang signifikan.

"Ini menunjukkan kesungguhan dan kerja keras Pengurus dan Karyawan Bank Daerah Bangli yang membanggakan. Saya berharap masyarakat Bangli bisa berbangga dan semakin mantap memanfaatkan bank milik sendiri untuk memenuhi kebutuhan akan jasa-jasa perbankan baik sebagai penyimpan maupun sebagai peminjam," ujar Bupati Sang Nyoman Sedana Arta, di Bangli, Kamis.

Bank Daerah Bangli memiliki peran sebagai intermediasi untuk membantu permodalan bagi UMKM di Kabupaten Bangli khususnya, telah dapat dijalankan dengan baik oleh Bank Daerah Bangli, terbukti dari penyaluran kredit kepada masyarakat yang terus mengalami pertumbuhan dalam lima tahun terakhir.

Dapat dilihat bahwa setiap tahun laba dan setoran ke kas daerah berupa PAD telah menunjukkan peningkatan yang signifikan. Yang lebih penting sebagai badan usaha milik daerah yang bergerak dalam jasa perbankan tentunya diharapkan dapat berperan juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang "melek perbankan", kata Bupati pula.

Dalam rangka meningkatkan minat masyarakat untuk menyimpan dananya pada Bank Daerah Bangli, meningkatkan kepercayaan dan loyalitas nasabah, serta sebagai sarana mempercepat hubungan kekeluargaan dan kekerabatan antara pihak Bank Daerah Bangli dengan nasabah, PT BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda) menggelar acara undian tali asih berupa door prize untuk nasabah penyimpan periode tahun 2022/2023.

Undian tali asih yang digelar pada Kamis ini, di Aula PT BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda), dihadiri oleh Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika, Komisaris PT BPR Bank Daerah Bangli, Perwakilan Dinas PTSP Provinsi Bali, Perwakilan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Bali, Pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemkab Bangli, unsur TNI/ Polri, serta undangan lainnya.

Direktur Utama PT Bank Daerah Bangli I Made Astawa, dalam laporannya menyampaikan, dasar pelaksanaan kegiatan tali asih ini adalah sesuai dengan Keputusan Menteri Sosial No. 766/HUK-UND/2023 tentang Pemberian Izin Penyelenggaraan Undian Gratis Berhadiah Kepada PT BPR Bank Bangli (Perseroda) di Bangli, SK PT BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda) Nomor 57 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Undian Tali Asih Tabungan dan/atau Deposito PT BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda).

Made Astawa menambahkan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan minat masyarakat untuk menyimpan dananya pada Bank Daerah Bangli, meningkatkan kepercayaan dan loyalitas nasabah, serta sebagai sarana mempercepat hubungan kekeluargaan dan kekerabatan antara pihak Bank Daerah Bangli dengan nasabah.

Hadiah yang diundi adalah Grand Price berupa satu unit mobil Daihatsu New Xenia X MT 1.3 STD, diundi untuk seluruh nasabah penyimpan (Deposito dan Tabungan).

Kemudian "Door Prize" berupa lima unit sepeda motor Honda Beat, akan diundi masing-masing satu unit untuk nasabah di masing-masing kantor pelayanan, yaitu Kantor Pusat, Kantor Kas Tembuku, Kantor Kas Kayuambua, Kantor Kas Kintamani Barat dan Timur.

Bupati Sedana Arta memberikan apresiasi kepada segenap jajaran Bank Daerah Bangli, dari keberhasilan menghimpun dana pihak ketiga yang semakin meningkat dari tahun ke tahun menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat akan Bank Daerah Bangli sebagai bank miliknya sendiri semakin meningkat.

Lebih-lebih di tahun 2022 Bank Daerah Bangli ditunjuk sebagai penyalur gaji PPPK dan TPG Kabupaten Bangli, sementara Rekening Kas Desa juga ditempatkan di Bank Daerah Bangli, yang memicu pertumbuhan aset, sehingga dari sisi aset per Juni 2023 masih bertahan pada urutan ke-7 besar di antara 131 BPR di Bali.

Ditambah juga bahwa dana yang disimpan di Bank Daerah Bangli sangat aman, karena dijamin sepenuhnya oleh Pemerintah dalam hal ini oleh Lembaga Penjamin Simpanan.

Kepada para nasabah Bank Daerah Bangli dan kepada seluruh masyarakat, Bupati mengimbau agar dapat menggunakan jasa-jasa yang tersedia pada Bank Daerah Bangli untuk memenuhi kebutuhan finansial.

"Marilah kita besarkan dan tumbuhkan bersama bank milik kita, oleh kita dan hasilnya pun untuk kita. Berilah masukan-masukan, saran bahkan kritik yang sifatnya membangun kepada pihak manajemen Bank Daerah Bangli untuk dapat dipakai acuan dalam melakukan pembenahan- pembenahan, sehingga dapat meningkatkan pelayanannya kepada nasabah dan masyarakat," katanya menegaskan.(ar)