Peringati Hari Pahlawan, Para Pemuda Bali Napak Tilas Perjuangan I Gusti Ngurah Rai

Sekda Bali Dewa Made Indra saat pelepasan napak tilas perjuangan I Gusti Ngurah Rai peringatan Hari Pahlawan di Denpasar, Jumat (10/11/2023). (foto; gemabali/ antara)
Sekda Bali Dewa Made Indra saat pelepasan napak tilas perjuangan I Gusti Ngurah Rai peringatan Hari Pahlawan di Denpasar, Jumat (10/11/2023). (foto; gemabali/ antara)

GemaBali (Denpasar)Usai menjadi inspektur peringatan Hari Pahlawan 2023, Sekretaris Daerah (Sekda) Bali Dewa Made Indra melepas pasukan Pemuda Panca Marga yang memulai tapak tilas mengikuti jejak perjuangan pahlawan Bali I Gusti Ngurah Rai.

“Kawan-kawan Pemuda Panca Marga melakukan napak tilas mengikuti perjalanan dari pejuang kita I Gusti Ngurah Rai. Pemuda tadi akan mengikuti jejak perjuangannya. Mereka melakukan perjalanan napak tilas 10 hari, tentu tujuannya bukan sekadar berjalan tapi menggali spirit dari pahlawan,” katanya di Denpasar, Jumat.

Dewa Indra menilai ini adalah contoh positif memaknai Hari Pahlawan, para pemuda tersebut akan merasakan perjuangan dan pengorbanan di tengah rasa lelah, hingga akhirnya mereka mencapai garis akhir pada 20 November 2023 bertepatan dengan Hari Puputan Margarana.

Ia menilai penting bagi anak muda di Pulau Dewata mengikuti perjuangan pahlawan meski dengan cara berbeda. Menurutnya, saat ini yang perlu ditiru adalah mentalitas pahlawan yaitu sikap kerja keras, pantang menyerah, dan rela berkorban. Nilai-nilai itu  akan relevan sepanjang zaman apapun wujud musuh yang dihadapi.

“Mentalitasnya ya, karena musuh yang dihadapi pahlawan dulu dan musuh sekarang beda. Kalau zaman dulu musuh kita penjajah, orang luar, kelihatan langsung. Sekarang ini kebodohan, kemiskinan, dan ketertinggalan, tentu saja strategi menghadapinya berbeda, tetapi mentalitas yang kita gunakan sama,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Menteri Sosial (Mensos) Risma dalam sambutan yang dibacakan Sekda Dewa Indra. Ia mengatakan segala ancaman dan tantangan akan dapat ditaklukkan dengan berbekal semangat yang sama, seperti yang dicontohkan para pejuang 10 November 1945.

“Para pahlawan bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan, nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan,” katanya.

Dalam peringatan Hari Pahlawan kali ini bertema "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan". Kegiatan itu diikuti oleh jajaran Forkopimda, ASN dan Non ASN Provinsi Bali, TNI/Polri, organisasi masyarakat, serta para pelajar.

Sementara itu di lokasi berbeda, Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra mendampingi Raja Klungkung XII Ida Dalem Smara Putra yang menerima anugerah gelar pahlawan nasional untuk Almarhum Raja Klungkung kedua Ida Dewa Agung Jambe dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).(ri)