Liburan di Bali Bingung Beli Oleh-oleh Apa? Ini 6 Oleh-Oleh Khas yang Bisa Kamu Coba

Street Market di Ubud, Bali (foto: gemabali/istock)
Street Market di Ubud, Bali (foto: gemabali/istock)

GemaBali (Denpasar)Bali, pulau yang dikenal sebagai surga pariwisata Indonesia, tidak hanya menawarkan keindahan alam dan kebudayaan yang kaya, tetapi juga berlimpah dengan oleh-oleh khas yang menggoda lidah. Jika Anda berencana untuk membawa pulang potongan kecil dari kekayaan budaya Bali, berikut adalah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas yang patut dicoba.

1. Kopi Bali Kintamani

Bali dikenal sebagai salah satu produsen kopi terbaik di Indonesia, dan Kopi Bali Kintamani adalah salah satu yang harus dicoba. Ditanam di dataran tinggi Kintamani, kopi ini memiliki cita rasa yang khas dengan sentuhan fruity dan aroma bunga yang memikat. Pilihlah biji kopi utuh atau kemasan kopi bubuk untuk dibawa pulang dan nikmati keharuman kopi Bali setiap saat.

2. Kerajinan Perak Bali

Perak Bali merupakan kerajinan tangan yang memukau dengan detail dan desain yang sangat halus. Produk-produk ini mencakup perhiasan, patung, dan pernak-pernik perak lainnya. Anda dapat menemukan berbagai karya seni perak di pasar tradisional seperti Pasar Sukawati atau mengunjungi desa perak seperti Celuk, yang terkenal sebagai pusat kerajinan perak di Bali.

3. Kerajinan Tangan Batik dan Tenun Bali

Batik dan tenun Bali mencerminkan keindahan warna dan pola yang unik. Pilihannya bervariasi mulai dari kain tradisional hingga produk fesyen modern seperti pakaian, tas, dan aksesori. Berbagai desa di Bali, seperti Tohpati dan Sidemen, merupakan tempat ideal untuk menemukan kerajinan tangan batik dan tenun yang otentik.

4. Kacang Bali

Bagi pecinta camilan, kacang Bali adalah oleh-oleh yang sempurna. Kacang ini disajikan dalam berbagai varian rasa seperti keju, pedas, atau original. Kacang Bali diproses dengan teknik tradisional dan menjadi camilan yang lezat untuk dinikmati di rumah atau dibagi-bagikan kepada teman dan keluarga.

5. Umbul-Umbul Tradisional

Umbul-umbul adalah bendera panjang yang sering ditemui di berbagai acara tradisional Bali. Biasanya terbuat dari kain berkualitas tinggi dengan warna-warna cerah dan motif khas Bali. Umbul-umbul ini dapat dijadikan dekorasi menarik di rumah Anda atau sebagai hadiah unik untuk orang terkasih.

6. Luwak Coffee

Jika Anda pencinta kopi sejati, tidak ada salahnya mencoba Luwak Coffee. Kopi ini unik karena dihasilkan melalui proses fermentasi di dalam tubuh musang luwak. Meskipun harganya lebih tinggi, rasanya yang kaya dan unik menjadikannya oleh-oleh yang eksklusif bagi para pecinta kopi.

Mengunjungi Bali bukan hanya tentang pemandangan alamnya yang memesona tetapi juga tentang menjelajahi warisan budayanya melalui oleh-oleh khas. Dengan memilih beberapa dari rekomendasi di atas, Anda dapat membawa pulang potongan kecil dari keindahan dan kekayaan Bali untuk dinikmati dan dibagikan kepada orang terdekat.(ra)