Gelar Lokasabha Ke Xll, PD KMHDI Bali Ajak Mahasiswa Gabung Organisasi

Lokasabha XII Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PD KMHDI) Bali. (gemabali)
Lokasabha XII Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PD KMHDI) Bali. (gemabali)

GemaBali.ID - Lokasabha XII Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PD KMHDI) Bali resmi dibuka pada hari Jumat (22/12/2023). Acara tersebut dilaksanakan di Aula Radio Republik Indonesia (RRI) Singaraja, dengan mengangkat tema Bali Untuk Semua "Memimpin Menuju Keberlanjutan dan Kesetaraan".

Ketua PD KMHDI Bali Putu Esa Purwita mengungkapkan lokasabha merupakan kegiatan pergantian kepengurusan KMHDI di tingkat daerah. Kegiatan ini dilakukan Dua Tahun Sekali untuk melakukan Regenerasi Kepengurusan, dimana untuk kegiatan kali ini diisi Juga dengan Focus Grup Discussion dengan mendatangkan narasumber yang mewakili beberapa elemen. 

"Hal ini merupakan kali kedua belas beregenerasi nya pemuda-pemudi Hindu melalui KMHDI dari masa ke masa dan dalam kesempatan ini kami memilih juga mengadakan FGD dengan topik"Memimpin Menuju Keberlanjutan dan Kesetaraan".Perlunya adanya kesadaran untuk generasi muda untuk kepedulian terhadap organisasi," ujarnya.

Esa menjelaskan belakangan banyak pemuda maupun mahasiswa enggan untuk masuk organisasi.Dengan alasan tersita waktunya ketika ikut berkegiatan di organisasi salah satunya adalah KMHDI, hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk pengurus Pimpinan Daerah untuk mengajak Mahasiswa ikut di organisasi. 

"Dalam satu tahun kepengurusan belakang ini banyak hal yang saya secara pribadi maupun secara organisasi untuk mengajak generasi muda Hindu untuk ikut andil aktif di organisasi, tentunya hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami tentunya tidak mudah, namun astungkara sudah hampir selesai kepengurusan kami," pungkas Esa. 

Sementara itu I Wayan Darmawan, Ketum PP KMHDI Mengucapkan selamat atas sudah terealisasikan pelaksanaan Lokasabha,hal ini menunjukkan sebagai bentuk tanggung jawab pengurus untuk melakukan regenerasi kepengurusan sehingga nantinya ada perubahan kedepan. 

"Selamat, menjalankan Lokasabha untuk PD KMHDI Bali,  yang artinya regenerasi SDM KMHDI harus tercipta kembali dan pastinya yang baru akan mengemban tugas di kedaerahan harus tetap melanjutkan hal baik yang sudah ada dan pastinya harus tetap menjunjung yang namanya Kesetaraan sesuai Tema Lokasabha ke XII ini," ujar Darmawan.

Darmawan Menambahkan memimpin menuju keberlanjutan dan Kesetiaan merupakan tema dalam kongres daerah khususnya Bali, yang di mana hal ini tidak terlepas dari segala aspek kehidupan, baik sosial maupun lingkungan. 

"Juga tidak hanya itu kita lihat KMHDI Bali ini adalah salah satu organisasi yang konsisten dalam isu lingkungan, tentu hal ini yang harus menjadi tugas tugas kita mahasiswa dalam ikut serta memberikan kontribusi ke lingkungan ke daerah. Tetap harus konsisten dan tentu kolaborasi dengan pihak mana pun, komunitas atau pun instansi pemerintah yang terkait," tutup Darmawan. (ns)