Tips Nikmati Tahun Baru Hemat di Bali

Ilustrasi- Pertunjukan kembang api di Pantai (foto: gemabali/istock)
Ilustrasi- Pertunjukan kembang api di Pantai (foto: gemabali/istock)

Gemapos.ID (Jakarta)- Merayakan pergantian tahun di Bali, merupakan impian banyak orang karena kemewahannya. Namun, merayakan pergantian tahun di Bali tidak selalu harus membuat kantong kita kering. Berikut adalah beberapa tips hemat untuk menikmati liburan Tahun Baru yang tak terlupakan di Bali tanpa membahayakan keuangan Anda.

1. Pilih Penginapan yang Terjangkau

Bali memiliki berbagai pilihan akomodasi, mulai dari hotel mewah hingga losmen atau homestay yang lebih terjangkau. Pilihlah penginapan yang sesuai dengan budget Anda.

2. Cari Promo dan Diskon

Manfaatkan promo dan diskon yang ditawarkan oleh hotel, restoran, dan atraksi wisata. Banyak situs web atau aplikasi booking online yang sering memberikan penawaran menarik.

3. Eksplor Tempat-tempat Gratis

Bali memiliki banyak tempat wisata alam yang indah dan gratis untuk dikunjungi, seperti pantai-pantai cantik, sawah hijau, dan air terjun. Manfaatkan kesempatan ini untuk menikmati keindahan alam tanpa biaya masuk.

4. Cicipi Makanan Lokal di Warung

Alihkan perhatian dari restoran mewah dan nikmati makanan lezat di warung atau kedai makanan lokal. Harganya lebih terjangkau dan seringkali menawarkan cita rasa autentik.

5. Gunakan Transportasi Umum atau Sewa Motor

Alihkan penggunaan taksi atau mobil pribadi dengan menggunakan transportasi umum atau menyewa motor. Ini bukan hanya hemat, tetapi juga memberikan pengalaman eksplorasi yang lebih fleksibel.

6. Kunjungi Pusat Seni dan Budaya

Jelajahi seni dan budaya Bali di pusat-pusat seni yang seringkali memiliki pertunjukan tradisional gratis atau dengan harga terjangkau.

7. Berwisata Kuliner di Pasar Malam

Nikmati keanekaragaman kuliner Bali di pasar malam. Harga makanan di sini umumnya lebih ramah di kantong daripada di restoran.

8. Pilih Acara Tahun Baru yang Gratis

Banyak acara pergantian tahun di Bali yang gratis untuk dihadiri, seperti pesta pantai atau pertunjukan kembang api di beberapa pantai.

9. Bawa Bekal Sendiri

Sediakan bekal ringan atau makanan sendiri untuk dikonsumsi selama perjalanan. Ini dapat membantu menghemat pengeluaran harian Anda.

10. Perhatikan Jam Pergi dan Pulang

Pilih waktu perjalanan yang strategis untuk mendapatkan tiket pesawat atau transportasi yang lebih murah.

Dengan mengikuti tips hemat ini, Anda dapat menikmati liburan Tahun Baru yang tak terlupakan di Bali tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Selamat merencanakan dan menikmati momen berharga di pulau dewata ini!(pa)