Kemenparekraf Target 1,5 Juta Wisman China ke Bali

Foto: GemaBali/Kemenparekraf
Foto: GemaBali/Kemenparekraf

GemaBali.ID (Badung) - Kemenparekraf targetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal China ke Bali mencapai 1,5 juta orang pada 2024. Target tersebut meningkat dibandingkan realisasi kunjungan turis China ke Bali pada 2023 sebanyak 707 ribu orang.

Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kemenparekraf Wisnu Sindhutrisno mengungkapkan para turis dari Negeri Tirai Bambu tahun ini akan dibawa oleh 13 maskapai yang telah membuka rute penerbangan ke Indonesia.

"So far, seat capacity kami hitung sampai 1,1 juta. Kami akan dorong terus sehingga bisa mencapai 1,5 (juta wisman China)," Dilansir dari detik.com Sabtu (20/1/2024).

Wisnu pun mengungkapkan Kemenparekraf terus berusaha mewujudkan pariwisata yang berkualitas. Termasuk dari sisi lama waktu tinggal dan spending money wisman ketika berlibur di Pulau Bali."(Peningkatan) tidak hanya di peak season, tapi juga di low season. Kebetulan China ini punya empat kali waktu liburan ke luar negeri selama setahun," ungkapnya.

Wisnu juga membeberkan sebanyak 65 persen turis China yang berwisata ke Bali pada tahun lalu didominasi oleh milenial. Sementara sisanya merupakan turis dengan usia di atas 40 tahun.

Wisnu melanjutkan turis negara tirai bambu ini lebih menggemari atraksi wisata yang menawarkan petualangan alam dan budaya. Selain itu, para turis China juga menyukai spot-spot wisata yang instagramable sehingga banyak dari mereka yang membawa fotografernya sendiri.

Menurut Wisnu, pemerintah China juga sempat menggalakkan warga negaranya untuk berwisata di dalam negeri saat pandemi COVID-19 menuju berakhir.

"Jadi, ada usaha untuk memulihkan pariwisata domestik dulu. Pergerakan wisdom mereka besar dan mereka klaim 40 juta outbound ke luar negeri itu belum semua terpenuhi. Mungkin baru 10 atau 15 juta di tahun lalu," ucap Wisnu.

Wisatawan China, kata Wisnu, menempati peringkat keempat dengan jumlah kunjungan wisman terbanyak ke Indonesia dengan 707.347 kunjungan sepanjang Januari-November 2023. Turis China juga menyumbang 5,4 persen dari jumlah keseluruhan wisman ke Bali pada Desember 2023.(ng)