Stand Up Comedy Hadir Pada Bulan Bahasa Bali VI

Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Gelar Konferensi Pers Di Art Center,Denpasar, (30/1/2024) (Foto:GemaBali/Istimewa)
Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Gelar Konferensi Pers Di Art Center,Denpasar, (30/1/2024) (Foto:GemaBali/Istimewa)

GemaBali.ID (Denpasar) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali kembali menggelar kegiatan sastra daerah bertajuk Bulan Bahasa Bali (BBB) ke-VI, 1 Februari-2 Maret 2024. Pada tahun ini mengangkat tema 'Jana Kerthi Dharma Sadhu Nuraga' yang berarti Bulan Bahasa Bali merupakan altar pemuliaan bahasa, aksara, dan sastra sebagai sumber kebenaran, kebijaksanaan dan cinta kasih untuk memperkuat jati diri krama Bali.

Pelaksanaan BBB tahun ini akan berlangsung di Art Center, Denpasar, Bali, dengan menyajikan 20 lomba. Salah satu lomba baru adalah bebanyolan tunggal.

"Di konten kreator yang berbahasa Bali kan ada banyak yang lucu-lucu, terutama yang memiliki kata-kata unik. Justru itu bisa menjadi media untuk disukai oleh banyak orang," ucap Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Gede Arya Sugiartha di Art Center, Denpasar, Selasa (30/1/2024).

Sugiartha mengungkapkan bahwa antusiasme calon peserta bebanyolan tunggal ini sangat tinggi. Karena pada saat ini komedi tunggal sangat banyak diminati oleh anak muda.

"(Bahasa) stand up-nya itu campur pastinya, menyesuaikan. Tapi kalau kasar itu kan relatif ya, karena kalau kasar di sebuah tempat belum tentu kasar di tempat lain," pungkasnya.

Kurator Lomba Bulan Bahasa Bali I Gede Nala Antara menambahkan, para peserta lomba komedi tunggal akan diberikan tema sesuai dengan tema Bulan Bahasa Bali. Yang mana, menjelaskan tentang manusia Bali, jati diri, dibalut dengan komedi.

"Pendaftarannya sampai 13 Februari, itu untuk remaja umum 14-21 tahun, kami batasi 50 peserta," ucap Gede Nala. (ng)