Sejumlah Ormas Hindu dan Mahasiswa Bali Laksanakan Deklarasi Pemilu Damai

Para Peserta Deklarasi Pemilu Damai Yang Hadir Di Rumah Kebangsaan dan Kebhinekaan Pasraman Satyam Eva Jayate (4/2/2024) (Foto:GemaBali/KMHDIBali)
Para Peserta Deklarasi Pemilu Damai Yang Hadir Di Rumah Kebangsaan dan Kebhinekaan Pasraman Satyam Eva Jayate (4/2/2024) (Foto:GemaBali/KMHDIBali)

GemaBali.ID (Denpasar) - Pimpinan Daerah (PD) Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) Bali menggelar deklarasi pernyataan sikap terkait dengan pemilu damai. Denpasar, Minggu, (4/2/2024)

Deklarasi Pemilu Damai ini di hadiri sekitar 30 orang yang tergabung dalam berbagai organisasi keumatan dan mahasiswa di seluruh Bali seperti Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Daerah Bali, Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Daerah Bali, Prajaniti Provinsi Bali, Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (Peradah) Provinsi Bali. Acara tersebut dilaksanakan di Rumah Kebangsaan dan Kebhinekaan Pasraman Satyam Eva Jayate dimana biasa PD KMHDI Bali melakukan kegiatan dan aktivitas di lokasi tersebut.

Para peserta yang hadir juga turut menyoroti terkait pemasangan alat peraga kampanye yang kurang tepat sehingga dapat merusak tatanan lingkungan dan tidak sesuai dengan konsep Tri Hita Karana.

Perwakilan PHDI Bali I Kadek Aribudi Dwikayana mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk aksi nyata generasi muda hindu dalam menjaga kedamaian ditengah masa kampanye pemilu seperti ini.

"Deklarasi ini merupakan aksi nyata generasi muda Hindu yang intelektual dalam menjaga kedamaian di tengah pergolakan politik yang saat ini." Ungkap Aribudi

Dalam kegiatan yang sama Ketua PD KMHDI Bali I Putu Dika Adi Suantara juga mengungkapkan bahwa sesungguhnya pemilu merupakan implementasi dari ajaran hindu yang mana mesti dilaksanakan oleh para umat hindu.

"Sesungguhnya pemilu adalah implementasi dharma agama dan dharma negara yang mesti dilaksanakan oleh umat hindu untuk melahirkan wakil rakyat yang mampu memperjuangkan kebutuhan umat Hindu dan Bangsa" Ucap Dika.

Adapun hasil deklarasi ini adalah menyatakan bahwa para generasi muda dan seluruh komponen masyarakat senantiasa merawat, menjaga, dan memperjuangkan persatuan di atas kepentingan yang lain. Serta, menyerukan kepada seluruh anak bangsa agar menyikapi tahun politik ini dengan bijaksana dengan cara membangun narasi positif tanpa provokatif agar terciptanya pemilu damai tahun 2024.(gn)