Ketua KPU Bali Siap Jamu Parlemen Dari 30 Negara

Ketua KPU Bali Dewa Agung Gede Lidartawan (Foto:GemaBali/Istimewa)
Ketua KPU Bali Dewa Agung Gede Lidartawan (Foto:GemaBali/Istimewa)

GemaBali.ID (Denpasar) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali Dewa Agung Gede Lidartawan mengatakan setidaknya ada parlemen-parlemen dari 30 negara di dunia yang akan melihat proses Pemilu 2024 di Pulau Dewata.

Ketua KPU Bali mengungkapkan agenda ini merupakan program dari DPR RI bertajuk Parliement Visit Program dimana dihadirkan oleh 30-an Negara yang masing-masing negara mendelegasikan empat orang.

"Bali ditunjuk sebagai host-nya. Mereka akan hadir dari sekitar 30-an negara. Masing-masing 4 orang gitu ya. Yang sudah terdaftar kemarin saya lihat ada 15 negara," ungkap Lidartawan, Rabu (7/2/2024).

Lidartawan juga diminta untuk menyiapkan tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan dikunjungi perwakilan parlemen dari 30 negara dunia tersebut, DPR RI pun juga meminta tempat secara khusus dipedesaan.

"Pada saat yang diminta di pedesaan, saya kasih yang di Penglipuran. Yang desa terbersih, kemudian dia juga bisa melihat bagaimana situasi kampung" ucap Lidartawan.

Selanjutnya Lidartawan juga akan memaparkan berdemokrasi menggunakan pakaian adat dan bagaimana mendorong peran perempuan serta Lidartawan juga akan mengenalkan Garuda Wisnu Kencana.

"Karena saya hadirkan di TPS Perempuan yang di Jimbaran. Ada yang dekat GWK (Garuda Wisnu Kencana) karena mereka kepingin melihat GWK juga.(na)