Rekomendasi 5 Tempat Wisata Religi Isra Miraj di Bali

Para Togoh Agama Saling Toleransi Di Bali (Foto:GemaBali/NUOnline)
Para Togoh Agama Saling Toleransi Di Bali (Foto:GemaBali/NUOnline)

GemaBali.ID (Denpasar) - Umat Agama Islam merayakan Isra Miraj pada Kamis, 8 Februari 2024. Pada hari raya Isra Miraj, Umat Islam memperingati perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW.

 

Pada Umumnya, untuk memperingati Isra Miraj, umat Islam melaksanakan ibadah hingga berpuasa. Namun disisi lain juga dapat mengisi hari libur ini dengan melakukan wisata religi. Berikut kami berikan 5 rekomendasi tempat wisata religi di Bali yang dapat dijadikan destinasi saat libur Isra Miraj.

1. Puja Mandala

Puja Mandala merupakan pusat tempat beribadah bagi lima agama yaitu untuk umat Hindu, Muslim, Kristen, Katolik dan Budha yang berada di dalam satu lingkup kompleks. Tempat ini menjadi salah satu simbol kerukunan dan toleransi antar umat beragama.

 

Lokasi : Puja Mandala beralamat di Jalan Nusa Dua, Kuta Selatan, Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Jam Oprasional : 08.00 - 16.00. WITA

2. Masjid Al Qomar Denpasar

Masjid Al Qomar dapat menjadi salah satu destinasi wisata religi di Bali. Masjid ini desainnya unik seperti sebuah pura dengan kombinasi masjid di Demak. Desain arsitektur ini merupakan simbol dari "Menyama Braya" yang berarti hubungan harmonis antar umat beragama.

Lokasi : Masjid Al-Qomar beralamat di Jalan Pura Demak Nomor 5 Denpasar, Bali.

Jam Oprasional : 04.00 - 22.00. WITA

3.Pura Penataran Agung Dalem Jawa Blambangan (Pura Langgar)

Pura ini merupakan salah satu bukti dari kuatnya toleransi agama Hindu dan Islam di Bali. Berdasarkan catatan Badan Pengelola Daya Tarik Wisata (DTW) Pura Langgar, bangunan tersebut mengusung konsep arsitektur khas tradisional Bali. Pura ini juga mencerminkan akulturasi peradaban Hindu dan Islam seperti dilengkapi tempat berwudhu dan sholat di dalam pura.

Lokasi : Pura Langgar terletak di Bunutin, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

Jam Oprasional : 24 Jam

4. Masjid Candi Kuning atau Masjid Besar Al-Hidayah

Masjid ini merupakan salah satu objek wisata untuk umat muslim yang menawarkan keindahan bangunan masjid dengan ciri khas ornamen ukiran berwarna emas, selain itu masjid ini juga menawarkan keindahan alam yang berupa danau, gunung, air terjun dan kebun raya dengan suasana yang sejuk sehingga cocok dijadikan tempat wisata keluarga.

Lokasi : Masjid Candi Kuning atau Masjid Besar Al-Hidayah berada di desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

5. Makam Keramat Raden Ayu Siti Khodijah Pemecutan

Raden Ayu Siti Khotijah merupakan sosok putri raja di Bali yang wafat sebagai mualaf. Memiliki nama asli Gusti Ayu Made Rai, Ia merupakan putri dari Raja Pemecutan, salah satu kerajaan besar di Bali. Makam yang tak pernah sepi menjelang bulan suci umat Islam umumnya dijadikan sebagai tempat ziarah dan ngalap berkah atau barokah bagi umat muslim maupun non-muslim.

Lokasi : Makam Keramat Putri Raja Bali berlokasi di sekitar area pemakan Hindu Setra Agung Badung, Jalan Batukaru, Denpasar Barat.(gn)