KPU Gianyar Dukung KPU Bali Usung Green Election

Anggota KPU Gianyar Gusti Bagus Agung Swandhita Saat Diwawancarai Wartawan Gema Bali (2/6/2024) (Foto:GemaBali)
Anggota KPU Gianyar Gusti Bagus Agung Swandhita Saat Diwawancarai Wartawan Gema Bali (2/6/2024) (Foto:GemaBali)

Gemabali.ID (Gianyar) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan disapa Gung Lidartawan, mengajak KPU Gianyar untuk usung Pilkada Ramah Lingkungan atau dengan istilah Green Election.

Dalam sambutannya dikegiatan peresmian maskot dan jingle pilkada KPU Gianyar Gung Lidartawan menegaskan bahwa dalam proses kampanye nanti harus mementingkan kondisi lingkungan. Minggu (2/6/2024).

"Sisa Baliho (sampah) pasca pemilu masih ada di Satpol PP, Pilkada kali ini harus menggunakan metode kampanye ramah lingkungan, seperti Videotron dan alat praga yang bisa direcycle". Jelasnya.

Di samping itu Gung Lidartawan yakin bahwa Gianyar adalah kota yang peduli akan lingkungan, kedepan KPU akan mengadakan penanaman pohon kita ingin memecahkan rekor muri dengan menanam pohon terbanyak setiap hari.

"Kita bersama seluruh komponen di Bali saat pelantikan KPPS untuk melakukan penanaman pohon, target 250.000 Pohon, setiap Pemilu kita banyak menghabiskan pohon, bahan baku kertas suara adalah dari kulit pohon itu sendiri". Tegasnya.

Senada dengan itu, Anggota KPU Gianyar Gusti Bagus Agung Swandhita yang mendukung arahan dari KPU Provinsi terkait Pilkada yang bersih dan turut mengurangi sampah.

"Arahan dari Ketua KPU akan kita teruskan dan kita himbau ke seluruh peserta Pilkada untuk tidak memakai baliho". Pungkasnya.

Meskipun secara regulasi masih memungkinkan untuk melakukan metode kampanye dengan pemasangan alat praga seperti Baliho, kita KPU Gianyar akan terus melakukan penghimbauan.

"Kita akan terus menghimbau untuk memakai metode lebih ramah lingkungan, melalui Sosial Media atau gebyar kesenian lainnya". Tutupnya(ro)