KMHDI Denpasar: Melalui Pesraman Kilat Tingkatkan Kualitas Generasi Hindu

PC KMHDI Denpasar Melakukan Kegiatan Pasraman Kilat di SMA 7 Denpasar (5/6/2024) (Foto:GemaBali/KMHDI Denpasar)
PC KMHDI Denpasar Melakukan Kegiatan Pasraman Kilat di SMA 7 Denpasar (5/6/2024) (Foto:GemaBali/KMHDI Denpasar)

Gemabali.ID (Denpasar) - Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Denpasar melaksanakan kegiatan Pesraman Kilat Kegiatan yang bertempat di SMA N 7 Denpasar ini merupakan lanjutan dari Program Kerja KMHDI Mengajar Part 2 dengan konsep Goes to School.

Ketua PC KMHDI Denpasar I Dewa Gede Darma Permana dalam sambutannya mengatakan, guna menciptakan generasi muda Hindu yang berintegritas perlu peran elaborasi bersama dari seluruh stakeholder di dunia pendidikan.

"Salah satu wadah pemersatunya adalah KMHDI Mengajar yang dikolaborasikan dengan pasraman kilat ini, hal ini akan terus kita lakukan ke sekolah yang ada di Kota Denpasar"ucap Dewa Gede.

Dewa juga menyampaikan bahwa sebagai organisasi yang bernafaskan Hindu kita juga turut andil dalam bidang pendidikan ini, dari bagian masyarakat tentu semua juga harus berperan seperti orang tua, siswa, dan juga suport dari pemerintah.

"Guna menciptakan generasi muda Hindu yang berintegritas, perlu peran seluruh stakeholder di dalam dunia pendidikan. Baik itu siswa, orang tua, pendidik, dan mahasiswa itu sendiri. Atas dasar tersebut, Pasraman Kilat yang dielaborasikan dengan KMHDI Mengajar ini lahir sebagai wadah pemersatu". Tegasnya.

Penguatan tentang ilmu kehinduan dan berdasar dengan kebudayaan menjadi esensi KMHDI untuk menggencarkan ke setiap kalangan, khusunya Bali tentu nilai keagamaan harus tertanam kokoh dan kebudayaan terawat sampai kapanpun, kemudian tentang hal Umum yang marak terjadi.

"Materi yang bawakan adalah Penguatan Srada dan Bhakti, melantunkan Weda  kebudayaan Bali, kemudian seperti Praktek Yoga Asanas dan yang umum juga bahaya Narkoba dan penjegahan Stanting". Jelas Dewa.

Di sisi lain, Kepala Sekolah SMAN 7 Cokorda Gede Anom Wiratmaja menyambut baik hal ini tentang Pasraman Kilat yang diadakan oleh KMHDI, bentuk kolaborasi antar anak muda untuk kemajuan generasi yang lebih baik.

"Saya selaku kepala sekolah mengapresiasi kegiatan ini, kepedulian organisasi Hindu tentu harus menjadi contoh baik seperti membuat ruang intelktual".

Dalam acara penutupan tersebut juga Anom Wiratmaja berharap kepada KMHDI untuk terus berjuang meningkatkan ruang elaborasi bersama kita di sekolah-sekolah.

"Melalui kegiatan Pasraman Kilat ini tentu wadah pengembangan yang sangat penting dan akan berpengaruh baik, tidak hanya secara intelektual siswa tetapi juga kontrol emosional nya yang sopan dan santun, moralitas siswa harus dibentuk sedari dini melalui wadah ini". Tutupnya.(ro)